Gratis Batiste 50 mL setiap pembelian Batiste 200 mL!

Tak Perlu Sewot, Ini Cara Mudah Atasi Rambut Lepek

Tak Perlu Sewot, Ini Cara Mudah Atasi Rambut Lepek

rambut lepek

Bagi perempuan, yang namanya bad hair day itu bak kiamat. Bayangin aja, penampilan udah ditata sekeren mungkin, tapi rambut gak bersahabat dan gak maksimal. Salah satu pemicunya adalah rambut lepek yang bisa bikin senewen seharian dan tentunya kehilangan rasa percaya diri.

Memang sebetulnya, apa sih penyebab rambut lepek itu?

Jawabannya ada banyak. Yang pertama karena kita tinggal di Indonesia, negara dengan pancaran sinar matahari sepanjang tahun alias negara tropis. Lantaran cuaca panas inilah kulit kepala rentan berkeringat, membuat rambut jadi lepek.

Namun selain karena masalah cuaca Indonesia, rambut mudah lepek juga karena kamu salah memilih sampo. Kebiasaan-kebiasaan sederhana tapi berbahaya seperti mengikat rambut saat masih basah, terlalu sering menyisir, hingga tekstur rambut tipis, adalah penyebab lain kenapa rambut jadi mudah lepek.

Yang bikin makin kesal, ketika penampilan udah terlihat oke mulai make up dan busana, rambut lepek bisa bikin ambyar. Supaya gak jadi gampang sewot karena si lepek bermasalah ini, berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengatasinya: 

  • Atasi Rambut Lepek Tanpa Sempat Keramas

 Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi peluang lepek pada rambut adalah keramas. Namun bagaimana jadinya jika tak punya waktu untuk keramas karena terlambat kuliah/kerja? Tenang aja, kamu bisa menggunakan dry shampoo. Seperti namanya, kamu gak butuh air untuk memakai si sampo kering yang bisa menyerap minyak berlebih ini.

Kamu tinggal menyemprotkan dry shampoo di area kulit kepala dan kemudian pijat sebentar, lalu gunakan hair dryer agar rambut jadi mengembang. 

rambut lepek

Baca juga: Cara Keramas Rambut Bak Salon Tapi di Rumah Aja

  • Atasi Rambut Lepek Usai Keramas

 Kalau rambut udah terlalu lepek hingga bahkan usai keramas tetap demikian, maka kamu bisa mengatasinya dengan mencuci rambut menggunakan air hangat. Air hangat terbukti mampu mengangkat minyak berlebih sekaligus kotoran di kulit kepala, dan membuat rambut kamu makin sehat.

Usahakan gak pakai air terlalu panas, karena justru bisa bikin rambut rontok. Selain keramas dengan air hangat, mengatasi rambut lepek yang terjadi usai keramas juga bisa dengan menggunakan kondisioner hanya di bagian tengah hingga ujung rambut, jangan sampai kulit kepala. Agar makin maksimal, keringkan pada bagian akar rambut aja. 

  • Atasi Rambut yang Mudah Lepek

 Udah keramas dan mengikuti arahan di atas, tapi hanya beberapa jam rambut langsung lepek lagi. Sebal? Tentu aja karena ini artinya, produksi sebum di kulit kepala benar-benar tinggi. Jika demikian, maka kamu harus mengubah beberapa kebiasaan buruk seperti mengikat rambut saat masih cukup basah, atau menggunakan serum hingga kulit kepala. 

rambut lepek

Baca juga: 6 Tips Ampuh Rambut Wangi Sepanjang Hari

  • Atasi Rambut yang Tipis dan Lepek

 Mereka dengan rambut tipis juga biasanya cukup sebal karena memiliki rambut yang mudah lepek. Kalau begini, cara untuk mengatasinya adalah dengan mencari gaya penataan alias styling rambut yang tepat, supaya mahkota kepala ini terlihat makin ber-volume

Kalau rambutmu pendek, bisa coba potong dengan model blunt bob atau pixie cut. Sementara kalau rambutmu panjang, bisa pakai wavy hair hingga layering, yang bakal bikin rambut tampak lebih tebal dan gak lepek.

Jika cara-cara di atas terasa kurang maksimal, maka kamu bisa mempertimbangkan menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon atau lidah buaya, yang mampu mengurangi kadar minyak. Jangan lupa gunakan Batiste Dry Shampoo, dry shampoo anti lepek terbaik yang mengandung Natural White Starch yaitu formula rice starch alami yang menyerap minyak penyebab rambut lepek 1.5X lipat lebih efektif!

Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan