Gratis Batiste 50 mL setiap pembelian Batiste 200 mL!

Rambut Berminyak Bikin Gak Pede? Ini Solusinya!

Rambut Berminyak Bikin Gak Pede? Ini Solusinya!

rambut berminyak

Tampaknya kita semua sepakat bahwa rambut berminyak itu adalah musuh segala bangsa. Apalagi kalau sudah mengenakan make-up on point, busana terbaik dan siap berangkat sekolah, kuliah atau nongkrong sama gebetan tapi mendadak rambut lepek enggan diatur, kepercayaan diri bisa langsung anjlok ke tingkat terbawah.

Bukan bermaksud melebihkan, tapi memang faktanya rambut berminyak itu bikin semua orang rendah diri. Rambut yang terlihat berminyak dan lepek akan memberikan kesan lusuh dan tidak menawan. Tenang, ada kok beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk membuat rambut tidak berminyak. Namun sebelum itu, kamu harus tahu apa penyebabnya dulu.

Baca juga: Tak Perlu Sewot, Ini Cara Mudah Atasi Rambut Lepek

Kenapa Rambut Bisa Berminyak?

Pada dasarnya kondisi rambut yang berminyak tidak boleh dibiarkan. Karena selain tampilan tidak sempurna, rambut yang lepek alias berminyak ini bisa memicu ketombe dengan mudah. Lalu, kenapa sih rambut bisa mudah berminyak dan lepek?

Semua dikarenakan produksi sebum yang dihasilkan kelenjar sebaceous pada kulit kepala meningkat. Pada dasarnya sebum yang adalah campuran minyak dan sel kulit ini berfungsi menjaga kulit kepala senantiasai hydrated. Hanya saja kalau sebum yang dihasilkan terlalu banyak, akan membuat rambut mudah lepek dan bikin malu.

Sebum sendiri bisa meningkat karena berbagai hal seperti stres, faktor hormonal, mengalami penyakit tertentu, diet terlalu tidak masuk akal, faktor genetik hingga penggunaan produk haircare yang tidak tepat.

rambut berminyak

Solusi Ampuh Atasi Rambut Berminyak

Pada dasarnya untuk mengatasi rambut berminyak bukan perkara sulit. Hanya saja dibutuhkan ketelatenan dan konsistensi, supaya akhirnya rambut indah berkilau dan mudah diatur. Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba, untuk mengubah rambut yang berminyak jadi lebih sehat:

Pakai Bahan Alami

Lantaran rambut yang berminyak cukup sensitif, maka untuk perawatannya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat di dapur. Salah satunya adalah lemon yang ampuh mengurangi kadar minyak di rambut, sekaligus menghilangkan gatal dan ketombe. Selain lemon, ada juga lidah buaya yang bisa menyimbangkan pH kulit.

Baca juga: Suka Keramas Setiap Hari? Ini Untung Ruginya yang Wajib Diketahui

Keramas Rutin

Berbeda dengan rambut normal atau rambut kering, rambut berminyak harus sering keramas. Setidaknya kamu harus keramas dua hari sekali secara rutin, supaya kadar minyak berkurang. Namun ingat, jangan keramas terlalu sering juga karena malah bisa membuat produksi sebum makin berlipat.

rambut berminyak

Hindari Produk Mengandung Minyak

Sebagai pemilik rambut yang mudah berminyak, sebisa mungkin hindari produk-produk haircare yang mengandung minyak seperti hair oil, conditioner hingga serum atau gel rambut. Memang produk-produk itu bikin rambut lebih lembab, indah dan ber-volume, tapi di rambut yang berminyak, bisa makin lepek.

Jangan Sering Disisir

Suka banget menyisir rambut dengan tujuan agar selalu tampak rapi dan indah? Kalau rambutmu berminyak, jangan lakukan itu! Lhoh kenapa? Karena tindakan menyisir rambut ini bisa memicu produksi minyak di kulit kepala meningkat, lantaran sebum mengalir ke folikel sehingga tampak lepek dan tidak menarik.

Baca juga: Cara Keramas Rambut Bak Salon Tapi di Rumah Aja

Pakai Sampo yang Tepat

Kunci utama mengatasi rambut yang berminyak adalah menggunakan sampo yang tepat. Pastikan sampo itu memang diformulasikan untuk perlindungan terhadap kulit kepala yang mudah berminyak. Dengan begitu, kamu akan mendapat manfaat terhindar dari rambut lepek, mudah gatal dan tentunya ketombe.

Tidak sulit bukan untuk mengatasi rambut berminyak? Asalkan kamu menerapkan solusi di atas dengan tepat, bukan tak mungkin kalau minyak pada kulit kepala akan bisa lebih terkontrol, sehingga rambut indah kamu dapatkan. Semangat!

 

Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan